BPBD Sidoarjo Melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Kajian Penyusunan Perencanaan Jalur Evakuasi dan Early Warning System di Balai Desa Kupang, Kecamatan Jabon

BPBD SIDOARJO - Untuk mengurangi risiko dampak bencana, BPBD Sidoarjo terus bergerak mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya memiliki wawasan terhadap penanggulangan bencana. Hal ini bisa menjadi modal bagi masyarakat untuk menyelamatkan diri. Pagi ini (02/09), Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sidoarjo melaksanakan diskusi bersama melalui focus group discussion (FGD) terkait kajian penyusunan perencanaan jalur evakuasi dan Early Warning System di Kecamatan Jabon yang bertempat di Balai Desa Kupang.

"Pemetaan jalur evakuasi dilakukan untuk menetapkan jalur-jalur yang harus diikuti oleh warga jika terjadi bencana, dengan memilih tempat yang tepat dan sesuai dengan tingkat kerentanan jenis bencana yang mungkin terjadi di Kecamatan Jabon." Ujar Karsono, SE. M.Ak. selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sidoarjo saat memberikan materi di Balai Desa Kupang.

Pengurangan risiko bencana sangat penting untuk diketahui dan dipelajari. Apalagi, angin kencang dan banjir di beberapa daerah di Kabupaten SIdoarjo sering terjadi. Keterlibatan semua pihak dalam pengurangan risiko bencana sangat dibutuhkan. Karena, bencana merupakan tugas bersama. BPBD Sidoarjo berharap masyarakat tangguh dan bisa lebih peduli kemanusiaan.