BPBD Sidoarjo Mendampingi Kegiatan Peningkatan Kapasitas Dukungan Psikososial Bagi Relawan Destana di Balai Desa Terungkulon, Kecamatan Krian

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo melakukan kegiatan Pendampingan Layanan Dukungan Psikososial bagi relawan desa tangguh bencana (DESTANA) di daerah rawan bencana desa terungkulon kecamatan krian bersama BPBD Prov.Jatim dan Universitas Airlangga.

Pendampingan psikososial dilakukan selama tiga hari, yakni pada tanggal 21 dan 23 September 2023 di lokasi desa terungkulon kecamatan krian. Dalam konteks penanganan bencana, psikososial merupakan kegiatan yang dilakukan pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi dampak psikologis dan sosial yang dihadapi oleh para korban setelah bencana terjadi.

Dalam upaya memulihkan kondisi masyarakat yang terdampak bencana, psikososial menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media, dan akademisi. Semua pihak dapat terlibat dalam urusan ini, bukan hanya menjadi tanggung jawab para psikolog.